Mengelola Kartu Piutang

Kartu Piutang

Kartu Piutang


A.    Mendeskripsikan Pengelolaan Kartu Piutang

Pengelolaan kartu piutang sangat penting bagi perusahaan, kartu piutang merupakan beberapa catatan mengenai piutang-piutang pihak luar kepada perusahaan, piutang merupakan asset perusahaan sehingga pengelolaan kartu piutang harus dilakukan dengan sebaik mungkin.

B.    Pengertian Piutang


Piutang (receivable) adalah klaim atau tuntutan atau hak atas uang, barang, atau jasa kepada pelanggan atau pihak-pihak lainnya.

1.      Ciri-ciri piutang

a.       Mempunyai tanggal jatuh tempo

b.      Mempunyai bunga

c.       Mempunai nilai jatuh tempo

2.      Bentuk-bentuk piutang:
a.       Untuk tujuan pelaporan keuangan
1)      Piutang jangka pendek (piutang lancar)
2)      Piutang jangka panjang (piutang tidak lancar)
o   Piutang wesel
o   Piutang nonwesel
3)      Piutang dagang
4)      Piutang bukan dagang

3.      Penyebab timbulnya mutasi piutang
a.       Penjualan secara kredit
b.      Pelunasan piutang oleh debitur
c.       Retur penjualan
d.      Penghapusan piutang

C.    Peralatan untuk Pengelolaan Kartu Piutang


Peralatan dan perlengkapan yang digunakan:

1.    Buku jurnal: penjualan, penerimaan kas, penghapusan piutang dan retur penjualan

2.      Formulir: daftar saldo piutang, surat usia piutang, surat pernyataan piutang

3.      Peralatan dan perlengkapan kantor

D.    Persiapan Penanganan Piutang

1.      Diperlukan daftar piutang
2.      Dipersiapkan surat-surat tagihan yang akan dkirim kepada debitur
3.      Menyiapkan salinan faktur yang sudah jatuh tempo
4.      Personel yang akan mengirimkan surat tagihan kepada debitur

E.     Prosedur Pencatatan Piutang

Mulyadi ( 2001 : 257 ) menyatakan Prosedur pencatatan piutang terdiri dari
1.      informasi yang diperlukan oleh manajemen
2.      Dokumen
3.      Catatan akuntansi
4.      Organisasi
5.      Metode pencatatan piutang

F.    Metode Pencatatan Piutang

1.      Metode konvensional, dalam buku besar disediakan satu akaun piutang untuk setiap debitor.
2.      Metode posting langsung, bagian penagihan tiap hari membuat rekapitulasi total harga faktur untuk penjualan kredit yang terjadi pada hari yang bersanggkutan.

G.    Mengidentifikasi Pelanggan


1.      Lamanya menjadi pelanggan perusahaan

2.      Besarnya kredit maksimal yang pernah diberikan

3.      Kelancaran pengembalian kredit pada periode periode yang lalu

4.      Status kredit yang sedang berjalan.

5.      Kondisi perusahaan pelanggan yang sedang berjalan

H.     Mengidentifikasi Pelanggan


1.      Jurnal Penjualan
 












































































































 




0 komentar:

Posting Komentar